Senin, 14 Mei 2012

otak kanan atau otak kiri? dan bagaimana melatihnya

otak! pernah kah kalian memikirkan dalam melakukan aktivitas seperti melukis , mengerjakan soal matematika , dan hal lainnya menggunakan otak bagian mana , dan pernahkah kalian berfikir kalian lebih dominan ke otak bagian mana? , pernahkah kalian membayangkan otak ternyata memiliki bagian bagian yang berbeda fungsi , kali ini saya akan membahas tentang fungsi otak kanan dan kiri dan bagaimana melatihnya



otak memiliki beberapa bagian yaitu otak kanan otak kiri otak kecil dan otak tengah (meski otak tengah saya belum yakin kalau itu ada) tapi khusus hari ini saya akan membahas dua bagian otak saja yaitu otak kanan dan kiri .
Perbedaan dua fungsi otak sebelah kiri dan kanan akan membentuk sifat, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Perbedaan teori fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry.

Otak besar atau cerebrum yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia adalah bagian yang memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.


Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda.
Otak Kanan dan Otak Kiri 


Fungsi Otak Kanan; berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.

Sedangkan Fungsi otak kiri; berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka
pendek.                                                             Gambar Ilustrasi Fungsi Otak Kanan & Otak Kiri

Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan.

Orang yang dominan otak kirinya, pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kanannya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Sedangkan orang yang dominan otak kanannya bisa jadi adalah orang yang pandai bergaul, namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis.


OTAK BAGIAN MANA YANG LEBIH DOMINAN

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Electroencephalograph yang bisa mengamati bagian otak mana yang paling aktif


bisa juga dengan mengibas-ngibaskan tangan anda lalu secepat mungkin tanpa berfikir genggam kedua tangan anda untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di samping

da tau kan bagian otak mana yang lebih dominan , kalau udah tau mah kagak perlu saya jelaskan lagi hahahah ^-^
Jadi setelah kalian ngelakuin kayak gambar disamping perhatikan jempol kalian , lihat jempol sebelah mana yang berada diatas.
- Apabila posisi jempol tangan kanan berada diatas jempol kiri itu artinya kalian lebih sering di dominasi oleh otak kiri yaitu logika, matematika, analitis, dsb
- Apabila posisi jempol tangan kiri yang berada diatas jempol kanan artinya kalian kebanyakan didominasi oleh otak kanan yaitu tandanya kalo kalian lebih suka berkreasi dan berinovasi dsb
PERHATIAN: jika jempol kaki yang berada di atas berarti anda perlu periksa ke dokter karena ada kemungkinan otak kalian berada di luar kepala atau mungkin belum dapat otak , hahaha ^-^ just kidding

mungkin ada sebagian dari kalian yang kehilangan jari jempol , tanpa ada maksud menghina sedikitpun , kalau ada maka cara yang tepat bagi kalian adalah dengan melihat ilusi optik berikut:
 Apa yang kalian lihat? Ke arah manakah cewek ini berputar? Kita lihat jawabannya.
  •  Jika sobat melihat cewek ini berputar searah jarum jam, so dominasi otak sobat adalah otak kiri. Tapi jika sobat melihat cewek ini berputar berlawanan arah jarum jam, dominasi otak sobat adalah otak kanan.
nah selain untuk menguji otak mana yang lebih dominan gambar tersebut juga bisa di latih untuk menyelaraskan otak anda dengan cara membayangkan gambar tersebut berputar kekiri lalu kekanan kekiri lagi dan kekanan

bisa juga dengan melihat aktifitas sehari-hari seperti saat menulis , memegang mouse , memegang benda , dsb . jika dalam melakukan aktifitas anda lebih sering menggunakan tangan kanan berarti anda lebih dominan otak kiri dan jika anda lebih sering menggunakan tangan kiri/kidal berarti anda lebih dominan otak kanan dan biasanya orang yang kidal lebih cerdas dari pada orang yang tidak kidal karena itu berbanggalah kalian
tapi cara yang ini belum tentu benar karena hal ini juga di bisa di pengaruhi oleh sosialisasi kita semasa kecil , ketika kecil kalian lebih banyak melihat orang tua teman teman dan orang lain menulis dengan tangan kanan maka secara otomatis kalian akan menirunya tanpa kalian sadari maka dari itu ada orang yang menulis dengan tangan kanan tapi lebih dominan otak kanannya.



Biasanya orang yang dominan otak kiri berperilaku seperti :


  • Menyukai kata-kata, simbol, dan huruf
  • Gemar mengikuti kegiatan-kegiatan yang merangsang kemampuan artikultif
  • Mengerjakan suatu pekerjaan dengan menggunakan jadwal yang teratur dan alokasi waktu yang sesuai
  • Menyukai informasi yang faktual
  • Dapat menganalisis atau memprediksi sesuatu yang akan terjadi
  • Menyimpan segala sesuatu di tempat yang khusus
  • Suka membuat perencanaan sendiri secara matang
  • Sangat stabil dan konsisten

Dan orang yang dominan menggunakan otak kanan biasanya berperilaku seperti :
  • Lebih bisa berpikir dalam bentuk gambar (skema)
  • Lebih suka dengan segala sesuatu yang bersifat acak
  • Lebih menyukai lingkungan belajar yang bersifat spontan
  • Menyukai informasi yang membahas mengenai hubungan dengan beberapa hal
  • Menyukai pendekatan yang bersifat terbuka dan baru
  • Sangat fleksibel, bahkan terkadang sulit untuk di tebak
  • Dapat mengikuti perencanaan yang dibuat oleh siapa saja
  • Biasanya bertindak berdasarkan perasaan
nah sekarang kalian sudah tau kan kalian dominan di otak bagian mana? , tapi bukan berarti otak yang kurang dominan tidak bisa di latih atau tidak perlu di latih , karena di dalam kehidupan kita harus menggunakan kedua bagian otak supaya sukses , lalu bagaimana cara melatih otak bagian kanan dan kiri?


CARA MELATIH OTAK KANAN
ada banyak cara melatih otak kanan kalian , ini adalah beberapa cara melatih otak kanan kalian:
1. Eight game
Pura-puralah menulis angka delapan tidur atau simbol ? di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini setelah sarapan, selama dua menit setiap hari.

2. Thumb game
Acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini bersama teman-teman setelah makan siang, selama dua menit setiap hari.

3. Pattern game
Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas, dan bawah. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual. Cobalah permainan ini selama dua menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

4. Specific crawl

Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya, siku tangan menyentuh lutut. Iringi pula dengan lagu favorit. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran terbuka terhadap hal-hal yang baru. Cobalah gerakan ini secara 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

5. Specific posturing
Bertumpulah di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan. Posisi ini bertujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus. Cobalah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

6. Specific relaxing
Tip ini khusus anak-anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur. Semakin dini, semakin baik. Biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tua. Dengan demikian, otak anak berada dalam frekuensi alpha dan anak akan merasa damai karenanya.

7. Rotated reading
Balikkan sebuah tulisan (atas bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini selama 2 menit setiap hari.

8. Left-handed foreplay
Tip yang boleh juga disebut Kamasutra ini khusus untuk lelaki yang telah menikah. Cumbulah pasangan Anda dengan menggunakan tangan kiri. (Bagi Anda yang belum menikah, jangan khawatir, Anda tetap bisa melakukannya. Caranya? Menikahlah dulu.)

9. Left-handed handling
Peganglah gagang pintu dan bukalah pintu dengan tangan kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

10. Left-handed brushing

Gosoklah gigi dengan tangan kiri pada pagi hari. Untuk sore atau malam hari, tetaplah menggosok gigi dengan tangan kanan. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

11. Left-handed writing
Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana pada hari ke-3 Anda dapat menulisnya dengan sangat mudah.

12. Left-handed signing
Buatlah tanda tangan Anda dengan tangan kiri di atas sehelai kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana 2 dari 10 tanda tangan tersebut menyerupai bentuk aslinya.

selain 12 cara di atas bisa juga di latih dengan cara berikut:
  • Selalu bertanya; “Apakah ada cara lain..??” “Dengan begitu, otak kita dipacu untuk mencari alternative-alternatif terbaik!”
  • Menentang kebiasaan, rutinitas, dan tradisi. “nih dia , wajar aja seorang entrepreneur pasti punya latar belakang yang tidak biasa dan menentang tradisi!” contoh cara ini yaitu dengan merubah gaya rambut.
  • Memainkan permainan - permainan mental, berusaha melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Ayo main rubik! Ngelatih otak dan emosi banget tuh!”
  • Menyadari bahwa ada lebih dari 1 jawaban yang benar. “Ini gak boleh dilakukan bagi anak SMA yang sedang ujian pilihan ganda! Karena hanya; PILIHLAH SATU JAWABAN YANG BENAR!”
  • Melihat masalah sebagai batu loncatan untuk menemukan ide-ide baru. “Kalau dapet masalahnya terlalu banayak dan berat, berarti sedang di Uji sama yang DI ATAS! Mending segera tobat n banyak berdo’a deh.. hehe”
  • Melihat kesalahan dan kegagalan sebagai sarana untuk memperoleh keberhasilan. “Jangan dikit - dikit ngeluuuuuuuuh aja kerjaanya! Gak guna!”
  • Menghubungkan ide-ide yang tidak berhubungan untuk menemukan solusi yang baru dan inovatif. hal ini berguna bagi kalian yang lagi berkreasi
  • Memiliki “keteramplian helicopter” yaitu melihat dari atas dan menyeluruh terhadap berbagai hal rutin yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian mengambil keputusan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi
  • coba lah hal hal baru yang belum pernah kalian coba contohanya masukilah jalan yang kalian tidak tau kemana arahnya "saya sering kayak gini malah pernah abis minyak gak bawak uang jadinya dorong kereta deh"
  • Kalau olahraga, jangan memainkan permainan yang ada hitung2anya, seperti bulu tangkis misalnya, tapi coba mainkan olahraga yang ga pake hitung2an, seperti jalan kaki 
berikut ini juga salah satu cara membuat otak kanan kita terlatih, sehingga jika anda terus melakukan latihan ini, maka tidak menutup kemungkinan otak kanan anda akan semakin berkembang. Marilah kita uji, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Silakan dicoba sampai 50 kali untuk melawan kaki kanan Anda.


  1. Duduklah di kursi, lalu angkat kaki kanan dari lantai dan buat lingkaran searah jarum jam dengan ujung kaki tersebut.
  2. Sekarang, ketika kaki Anda berputar searah jarum jam, gambarlah angka "6" dengan tangan kanan Anda. Apakah putaran kaki Anda berubah?
 lalu bagaimana dengan otak kiri?
CARA MELATIH OTAK KIRI
  1. dengan bermain puzzel
  2. melatih hitungan anda dengan mengerjakan soal matematika
  3. bermain sudoku
  4. bermain catur
  5. berfikir lebih logis
lalu bagaimana melatih otak keseluruhan?
CARA MELATIH OTAK



1. Membiasakan aktif menjadi kidal (aktif tangan kiri) dan juga kanan
Kidal [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak
Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, jika biasanya dominan tangan kanan maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan mouse komputer, menyikat gigi dan mengikat sepatu dengan arah yang berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.
belajar membaca [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak


2. Membaca
Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Dan menurut studi Dr Nikolaos Scarmeas padaa tahun 2001, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.
 [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

3. Bermain puzzle atau teka-teki silang
Teka-teki silang, puzzle, Sudoku dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri, menurut pusat pelatihan kognitif LearningRx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.
ist2 198531 chess knights of war [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak


4. Bermain permainan strategi
Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.
penunjuk jalan [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak


5. Ubah rutinitas
Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.
nyr learn language [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak


6. Belajar bahasa asing
Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.
 [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

7. Menikmati musik
Selain mendengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.


8. Latihan fisik
Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Menurut Stanford Center on Longevity and the Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.
social media [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak

9. Hidup sosial
Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial Anda, misalnya dengan mengunjungi teman. Sebuah studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center menemukan bahwa memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.
new hobbies crafts [TIPS] 10 Cara Olahraga Otak
10. Mencari hobi baru
Tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda bukan seniman, cobalah untuk belajar melukis atau memahat. Jika Anda bisa bermain piano, belajarlah memainkan gitar. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.

11. Bermain game dan refresing
tanpa kalian sadari otak jika di pakai terus-menerus bukan berarti otak akan bertambah pintar malah otak akan semakin loyo karena tidak adanya refresing untuk kesegaran otak oleh karena itu bermain game dan refresing juga berguna untuk otak tapi dengan catatan tidak boleh terlalu lama dan sering

nah sekarang kalian sudah tau cara melatih otak kalian , ingat otak seperti halnya komputer kalau jarang di gunakan maka otak akan jadi loyo dan tidak berfungsi lagi , ada juga beberapa faktor yang menyebabkan otak kita tidak optimal namun hal itu akan saya bahas di kemudian hari , jika kalian ingin sukses maka kalian harus giat belajar , jangan malas , satu satunya obat untuk malas adalah giat belajar kalau tidak mau sukses yasudah terserah ja
"tidak ada orang bodoh yang di ciptakan allah tetapi manusialah yang tidak mau menggunakan otaknya"


PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG SELALU LIKE, SHARE, ATAU KOMENTAR SETELAH MEMBACA ^_^
JANGAN KETINGGALAN ARTIKEL TERBARU DARI KAMI DENGAN CARA LIKE HALAMAN INI fca.education MAKA ARTIKEL TERBARU KAMI AKAN MUNCUL DI BERANDA FACEBOOK ANDA ^_^

4 komentar:

  1. ente keterangannya salah tuh tentang tangan dan cewek berputar

    BalasHapus
  2. kalo ketika saya menulis angka 6 kaki saya berubah arah....itu apa tandanya?????????????

    BalasHapus
  3. ada cara yg memacu adrenalin gk sobb..

    BalasHapus
  4. sumber nya makanya dicantumkan biar info nya ga menyesatkan..literatur ilmiahnya. jangan hanya membaca dari blog atau semacamnya.

    keterangan arah yang anda jelaskan untuk arah perempuan berkebalikan dengan ilmu psikologi.

    BalasHapus