Jumat, 18 Mei 2012

cara menghentikan kebiasaan anak mengompol

Umumnya hingga memasuki usia lima  tahun, anak masih suka mengompol. Sayangnya, kondisi ini sering membuat Anda malah memarahi dan menghukum anak Anda. Pahamilah bahwa ini terjadi diluar kehendaknya.
Biasanya mengompol terjadi pada dua jam awal tidur. Cara terbaik mencegahnya adalah dengan membiasakannya untuk kencing terlebih dahulu sebelum tidur. Bersikaplah sewajarnya ketika mengetahui Anak mengompol, jangan menunjukkan rasa jengkel, marah atau bahkan panik.
Ada beberapa cara untuk mengatasi kebiasaan anak mengompol, berikut beberapa tipsnya:


Atur asupan cairan
Pengaturan asupan cairan juga penting. Biasakan anak untuk minum lebih banyak di siang hari, dan mulai kurangi cairan sebelum tidur.

Biasakan kencing sebelum tidur
Buat rutinitas ke kamar mandi sebelum tidur. Sertakan ritual sikat gigi, mencuci muka dan dilanjutkan dengan kencing terlebih dahulu.

Bangunkan pada jam-jam tertentu
Jika Anda sudah tahu jadwal mengompolnya, bangunkan putra/putri Anda untuk kencing. Beri dia penghargaan untuk setiap malam ia tidak mengompol!

Jangan bahas soal “peta” di ranjang
Jangan bicarakan tentang kebiasaanya membuat “peta” di ranjang kepada orang lain. Ini bisa membuatnya berkecil hati dan minder.

Bicara baik-baik dengan anak
Bicarakan baik-baik dengan si anak. Ada banyak kasus dimana anak berhenti mengompol setelah diajak bicara dari hati ke hati. Bila penyebabnya karena ia iri dengan perhatian orangtua kepada adik bayinya, cari pemecahan bersama dan beri perhatian yang cukup untuk kakaknya.

Beri dukungan kepada anak
Sikap ini tindakan terpenting. Ejekan, omelan bahkan hukuman akan membuat anak jadi depresi dan cemas, sehingga anak menjadi pendiam, minder, pemalu yang akan menambah masalah lagi dan memperberat kebiasaan mengompolnya.

Beri pujian
Jangan sekali-kali mempermalukan anak atau membandingkan dengan anak lain, malah bila si anak berhasil tidak mengompol berilah ia hadiah dan pujian tentang keberhasilannya dihadapan banyak orang, agar ia semakin termotivasi.



Semoga tips ini cukup membantu mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan mengompol pada anak Anda , ingat bagaimana pun kebiasaan anak anak yang membuat anda jengkel sadarilah mereka masih kecil maka dari itu setiap kelakuan anak ada cara khusus untuk memperbaikinya jangan pernah memarahi anak seenaknya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar